Heboh Putin Biarkan Singa Berkeliaran dijalanan Asli atau Palsu?

Heboh Putin Biarkan Singa Berkeliaran dijalanan Asli atau Palsu?

Sangatviral.com – Beredar sebuah unggahan yang tersebar di media sosial yang mengatakan jika Presiden Rusia Vladimir Putin membiarkan seekor singa serta harimau agar dapat menakuti warga agar tak keluar rumah saat kondisi wabah Corona. Ini faktanya.

Kabar tentang Putin yang mengerahkan singa serta harimau agar dapat menekan warga Rusia supaya tidak keluar rumah tersebut muncul di sebuah foto. Seperti dilihat sangatviral.com, Senin (23/3/2020), di foto tersebut, terlihat seeekor singa yang sedang berkeliaran di sekitar lampu merah saat tengah malam. Di atas foto tersebut, terdapat sebuah caption berbunyi ‘Vladmir Putin has dropped 800 Lions and Tigers across the country to push people to stay at home.’

Cek Kebenaran Pakai Drone Untuk Membubarkan Masyarakat di Malaysia

sangatviral mencoba untuk menelusurinya menggunakan Google Image. Banyak foto yang cukup sama dengan foto itu. Kebanyakan foto diunggah di tahun 2017.

Tetapi, pada situs berbagi gambar milik Imgur.com, gambar tersebut sudah diunggah tanggal 14 April 2016. Padahal, wabah virus Corona muncul di Wuhan, China, bulan Desember 2019. Cek di sini.

Selanjutnya pencarian dilakukan pada kolom Google dengan menggunakan kata kunci ‘lion’ dan ‘Jorissen ST’. Jorissen ST adalah sebuah nama jalan yang terlihat sekilas pada foto itu. Foto itu, ternyata pernah diberitakan dailymail.co.uk, 15 April 2016 pada berita dengan judul ‘Paws at the traffic lights! Giant male lion is seen prowling around the streets of South Africa’s biggest city (but it’s not as dangerous as you’d think)‘.

Pada berita dikatakan jika singa itu sengaja dilepas di Kota Johannesburg, Afrika Selatan (Afsel). Singa tersebut, menurut dailymail, bernama Columbus. Dia berasal dari kebun binatang di daerah Afsel. Columbus dilepas sebagai keperluan syuting.

Mungkin Anda juga menyukai