Cek Kebenaran Pakai Drone Untuk Membubarkan Masyarakat di Malaysia

Cek Kebenaran Pakai Drone Untuk Membubarkan Masyarakat di Malaysia

Sangatviral.com – Di media sosial saat ini sedang beredar video 1 unit drone sedang menembaki warga menggunakan kembang api. Drone itu digunakan untuk menembaki warga Malaysia yang sedang keluar selama lockdown dalam pencegahan virus Corona. Ternyata inilah faktanya.

Pada video yang dilihat sangatviral.com hari Minggu (22/3), video tersebut menunjukkan sebuah drone yang sedang menembaki warga menggunakan kembang api. Video itu telah diunggah di aplikasi TikTok serta diselipi suara seseorang berbahasa Melayu.

Video tersebut diselipi narasi jika kejadian tersebut terjadi di Malaysia. Tentara Malaysia dikatakan telah menembaki warga yang keluar meski ada imbauan tetap di rumah sebab wabah Corona. Faktanya, kejadian itu ternyata bukan terjadi di Malaysia, tetapi di Brasil. Video tersebut beredar Juli 2019.

Heboh Putin Biarkan Singa Berkeliaran dijalanan Asli atau Palsu?

Seperti dilansir dari AFP Fact Check, video tersebut sudah ditonton jutaan kali di Facebook, Twitter, serta YouTube. Pada tahun 2019, video tersebut dikatakan berisi sebuah drone meluncurkan kembang api pada sebuah rumah setelah kekacauan atas pesta miras.

Video tersebut menunjukkan aksi yang dilakukan seorang influencer Brasil bersama teman-temannya di Brasil. Video tersebut diunggah tanggal 16 Juli 2019.

Dengan demikian, pemerintah Malaysia saat ini memang sedang mengerahkan tentara dalam menertibkan warga. Pasca lockdown Rabu (18/3/2020), warga tampak masih beraktivitas di luar rumah seperti normalnya. Imbauan dari pemerintah untuk warganya tidak meninggalkan rumah serasa tak digubris warga Malaysia.

Sampai akhirnya, Jumat (20/3), otoritas Malaysia terpaksa menurunkan tentara agar dapat mendisiplinkan warganya dalam aturan lockdown. Pengerahan tentara dilakukan sebab warga Malaysia yang melanggar aturan isolasi yang sekarang sedang diberlakukan.

Mungkin Anda juga menyukai